Senin, 11 Desember 2017

Login Anggota

Username :
Password :

Akses melalui handphone anda.

Akses dimana saja dan kapan saja dengan handphone anda melalui mobile browser yang tersedia.

Ditampilkan dalam versi mobile yang sederhana sehingga menghemat pemakaian pulsa.

Gunakan fasilitas QR Code reader untuk mengakses detail benda cagar budaya. Baca selengkapnya.

Unduh QR Code Reader

Agar dapat menggunakan fitur QR Code, silakan unduh (download) dahulu aplikasi QR Code Reader sesuai dengan tipe handphone anda. Klik disini

Tahukah Anda?

Kerkhof

merupakan sebutan untuk makam orang-orang Eropa di Salatiga zaman dulu.

Statistik Pengunjung

Total Pengunjung : 853198

Total Hits : 1045300

Apa itu QR Code

QR Code merupakan suatu jenis matriks kode atau barcode dua dimensi yang dibuat dan dikembangkan oleh Denzo Wave yang pada waktu itu merupakan sebuah divisi Denso Corporation, sebuah perusahaan Jepang yang masih merupakan bagian dari Toyota group.

QR di sini merupakan kependekan dari Quick Response, sebuah harapan dari pembuatnya bahwa kode ini akan cepat di-decode. Awalnya, QR Code digunakan untuk mendata sparepart kendaraan dalam perusahaan, namun kini penggunaannya semakin meluas apalagi setelah spesifikasi QR Code dilepas ke publik.

Tidak seperti barcode yang hanya satu sisinya saja yang mengandung data, QR Code mempunyai dua sisi yang berisi data, dan ini membuat QR Code lebih banyak memuat informasi dibandingkan bar code.

QR Code misalnya, dapat menampung informasi berupa URL suatu website yang nantinya dapat digunakan pada majalah, iklan, atau media lainnya, sehingga ketika seorang pengguna handphone berkamera dan mempunyai aplikasi pembaca QR Code dapat langsung men-scan dan masuk ke website yang dimaksud tanpa perlu mengetikkan alamatnya.

Kapasitas data untuk QR Code dibandingkan matriks kode yang lain dapat dikatakan cukup besar, yaitu dapat menampung 7.089 data numerik, 4.296 data alphanumerik, 2.953 data biner, atau 1.817 karakter kanji, dengan dukungan kecepatan pendekodean dan ukuran cetak yang kecil.

Hasil cetakan QR Code dikatakan juga tahan terhadap kerusakan sampai dengan 30% agar tetap dapat dibaca. Selain itu, QR Code dapat dibaca dari segala arah dengan hasil yang sama sehingga meminimalkan kesalahan baca akibat salah poisisi QR Code.

 

Sumber : http://maseko.com/2008/07/27/qr-code/